Memilih Kacamata Anti Radiasi

Tips dalam Memilih Kacamata Anti Radiasi

Banyak produk Kacamata Anti Radiasi beredar di pasaran yang hanya untuk menghalau sinar ultraviolet dan radiasi gadget. Sedangkan Kacamata Anti Radiasi nuklir dan foto Rontgen tidak dijual bebas dan biasanya digunakan khusus oleh petugas medis yang bekerja di dekat mesin pemancar radiasi nuklir.

Lensa Kacamata Anti Radiasi didesain khusus, sehingga berbeda dengan lensa kacamata biasa. Di bawah ini ada beberapa tips dalam memilih Kacamata Anti Radiasi:

1. Mampu menghalau radiasi

Lensa kacamata yang berbahan plastik atau kaca pada dasarnya hanya dapat menghalau sedikit sinar ultraviolet, akan tetapi penambahan lapisan khusus pada lensa merupakan satu cara untuk menghalau sinar ultraviolet secara total.

Oleh karena itu saat Anda memilih kacamata hitam, harus memastikan terlebih dahulu bahwa kacamata tersebut telah dilengkapi oleh lapisan khusus yang mampu menangkal radiasi sinar ultraviolet. Utamakan pilih pelapis yang mampu menangkal radiasi sebesar 99-100 persen atau diberi label 400 nm.

2. Dibuat dengan lensa yang baik

Anda harus pastikan bahwa lensa Kacamata Anti Radiasi telah didesain dengan benar. Cara mengetes lensa itu bagus atau tidak sangat mudah,
Anda pakai kacamatanya dan pegang gelas pada jarak yang pas dari pandangan Anda dan lihat suatu pola persegi atau garis lurus sambil menutup satu mata.

Pindahkan gelas tersebut secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain, serta ke sisi atas dan bawah. Jika garis tetap terlihat lurus, maka lensa Anda termasuk lensa kacamata yang baik.

3. Memiliki lensa yang terpolarisasi

Lensa kacamata dengan lensa polarisasi dapat membantu mengurangi silaunya sinar matahari yang terpantul dari kaca, cermin, jalan dan genangan air. Oleh karena itu demi kenyamanan beraktivitas di siang hari, sebaiknya Anda menggunakan kacamata anti radiasi dengan lensa yang terpolarisasi.

4. Memiliki bingkai dan lensa yang berukuran besar

Memastikan bahwa kacamata yang dibeli mampu menangkal radiasi sinar ultraviolet saja belum cukup, bingkai dan ukuran kacamata juga harus Anda pertimbangkan. Pilih kacamata dengan bingkai dan lensa yang lebih besar, karena sangat  mampu menutupi area di sekitar mata dengan baik.

Melindungi mata dari paparan radiasi berlebih merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata Anda. Jaga kesehatan mata Anda dengan membatasi penggunaan gadget dan mengistirahatkan mata Anda dari waktu ke waktu selama bekerja di depan layar komputer.

Gunakan Kacamata Anti Radiasi setiap Anda beraktifitas di luar ruangan ya guys.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.